SANKSI TERHADAP NOTARIS YANG MELAKUKAN PROMOSI DAN PUBLIKASI PADA MEDIA TIKTOK

Main Article Content

Anna Tifanny

Abstract

Sosial media yaitu tiktok  saat ini sedang trend dikalangan masyarakat, tiktok  merupakan sarana untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Hal ini boleh dilakukan oleh  semua orang tetapi tidak dengan Notaris karena Notaris terikat Kode Etik yang mengatur bahwa Notaris dilarang mempromosikan jabatan sehingga tindakan Notaris yang melakukan promosi menggunakan sosial media tiktok berindikasi pelanggaran Pasal 4 ayat (3) Kode Etik Notaris. Tujuan penelitian ini untuk memahami pertanggungjawaban Notaris yang melakukan promosi jabatan melalui sosial media tiktok.  Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini bahwa Notaris yang melakukan pelanggaran Kode Etik Notaris dengan melakukan promosi jabatan melalui Tiktok  harus dikenai tanggung jawab administrastif serta dilakukan pengawasan oleh Dewan Kehormatan Notaris dan Majelis Pengawas Notaris  dengan memberikan kontrol kepada Notaris sehingga maksud dan tujuan UUJN serta Kode Etik Notaris dapat terwujud dan tidak mencederai martabat profesi Notaris.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tifanny, A. (2022). SANKSI TERHADAP NOTARIS YANG MELAKUKAN PROMOSI DAN PUBLIKASI PADA MEDIA TIKTOK. UNES Law Review, 5(2), 394-401. https://doi.org/10.31933/unesrev.v5i2.315
Section
Articles

References

Adjie, Habib. Memahami: Majelis Pengawas Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris (Bandung, PT Refika Aditama, 2017), 8-9.
Alfiyan Mardiansyah et al., “Kewenangan Majelis Kehormatan Notaris Pada Proses Penyelidikan Suatu Perkara Tindak Pidana Yang Melibatkan Notaris,” Repertorium: Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan 9, no. 1 (2020): 48–58, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28946/rpt.v9i1.596.
Anugrah, Nadia Fauziah dan Suwari Akhmaddhian. “Sanksi Kode Etik bagi Notaris yang Tidak Menjalankan Kewajiban Jabatannya.” Logika 11, No. 2 (2020): 112-125.
Ghansam Anand. 2018. Karakteristik Jabatan Notaris di Indonesia, Jakarta: Prenamedia Group, hlm. 108.
Gitayani, Luh Putu Cynthia. “Penerapan Etika Profesi oleh Notaris dalam Memberikan Pelayanan Jasa kepada Klien.” Acta Comitas 3, No. 3 (2018): 426-435.
Irvano Gibriansyah Harsono. 2019. Larangan Etika Terkait Publikasi dan Promosi Jabatan Bagi Notaris Melalui Media Elektronik, Tesis, Universitas Airlangga, hlm. 6
Jamil, M. “Sanksi Pelanggaran Kode Etik Notaris oleh Majelis Pengawas Daerah.” Supremasi Hukum 7, No. 2 (2018): 1-18
Putu Adi Purnomo Djingga Wijaya, Tanggung Jawab Notaris Terhadap Kesalahan Dalam Pembuatan Akta yang Dilakukan Oleh Notaris Penggantinya, hlm 115
Yustica, Anugrah. Ngadino, dan Novira Maharani Sukma. “Peran Etika Profesi Notaris sebagai Upaya Penegakan Hukum.” Notarius 13, No. 1 (2020): 60-71.