KEBIJAKAN PREVENTIF DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PLAGIARISME TERHADAP DESAIN PRODUK

Main Article Content

Rahma Melisha Fajrina
Dynia Fitri
Ragga Rizky Malikian

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bertujuan menganalisis  faktor-faktor yang menyebabkan tindak pidana plagiarisme terhadap desain produk terjadi serta  kebijakan preventif dalam menanggulangi tindak pidana plagiarisme terhadap desain produk. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa terjadinya suatu tindak pidana plagiarisme terhadap desain produk didasari atas beberapa faktor yang diantaranya; faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor perbandingan harga, faktor perkembangan teknologi, faktor konsumen serta faktor pemahman hukum yang dimiliki oleh desainer. Terkait dengan perlindungan atas desain produk, Indonesia telah memiliki regulasinya yakni pada undang-undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri. Akan tetapi, keberadaan undang-undang ini masih belum cukup sehingga bagi penulis perlu beberapa kebijakan yang dapat menanggulangi tindak pidana plagiarisme ini secara preventif, yakni kebijakan preventif dari desainer dan kebijakan preventif dari pemerintah. Kebijakan pecegahan tindakan plagiarisme yang dpaat dilakukan oleh desainer yakni dengan melakukan pembuatan desain yang rumit serta desainer aktif dalam melakukan monitoring atas produknya yang telah beredar di pasaran. Kebijakan selanjutnya dari pemerintah yakni pemeritah dapat melakukan revisi undang-undnag desain industri dan membantu masyarakat UMKM dalam melakukan pendaftaran produk yangdnihasilkan serta membantu pendampingan hukum apabila produk dari UMKM ini diimitasi oleh pihak lain secara ilegal.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fajrina, R., Fitri, D., & Rizky Malikian, R. (2022). KEBIJAKAN PREVENTIF DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PLAGIARISME TERHADAP DESAIN PRODUK. UNES Law Review, 5(2), 261-274. https://doi.org/10.31933/unesrev.v5i2.292
Section
Articles

References

Alfiansyah, Andi Muhammad. (2013). Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor (Skripsi, Universitas Hasanuddin Makassar) Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/25493581.pdf
Agung Muhammad Fatwa. 2019. Demam Produk KW, Bukan Sekedar Latah Ingin Mewah https://validnews.id/nasional/Demam-Produk-KW-Bukan-Sekadar-Latah-Ingin-Mewah-Wfk (diakses pada tanggal 16 Agustus 2022 )
Dharmawan, Ni Ketut Supasti ,dkk. (2017). Buku Ajar Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Sleman : Deepublish.
Fajar, Mukti dan Yulianto Achmad.(2010). Dualisme Penelitian Hukum Empiris dan Normatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ferianto,Mujiyono.(2017).Buku Praktis Memahami dan Cara Memperoleh Hak Kekayaan Intelektual. Yogyakarta : LPPM UNY/Sentra HKI UNY.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat enderal Kekayaan Intelektual.(2020). Modul Kekayaan Intelektual Lanjutan Desain Industri
Mayana, Ranti Fauza . (2004). Perlindungan Desain Industri di Indonesia; Dalam Era Perdagangan Bebas. Jakarta : Grasindo.
Nawawi, Barda .(2008). Kebjakan Hukum Pidana. Semarang: Kencana Prenada Media Grup.
Yulia.(2015). Modul Hak Atas Kekayaan Intelektual. Lhoksumawe.: Unimal Press.
Panjaitan, Hulman.(2017) Sanksi Pidana Plagiarisme Dalam Hukum Positif di Indonesia.Jurnal Hukum tò-rà, 3(2)
Pramesti,Kamong Atika Dewi Wija dan I Wayan Suardana. (2020).Faktor Penyebab dan Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor (curanmor) di Kota Denpasar. Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum 9(2);. 1-16
Lontoh,Christy Silvio.(2016). Tindakan Plagiarisme Melalui Penelitian Yuridis Terhadap Desain Industri. Lex Privatum 4(6)
Putra, 2020. Polemik Dugaan Plagiat Produk Vans, Pihak Ventela Ungkapkan Klarifikasi https://indiemarket.news/polemik-dugaan-plagiat-produk-vans-pihak-ventela-ungkapkan-klarifikasi/ (diakses pada 1 juli 2022 )
Enggran Eko Budianto.2021. Langgar HAKI Bak Mandi Bayi, Bapak-Anak Asal Surabaya Dijebloskan ke Bui https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5824382/langgar-haki-bak-mandi-bayi-bapak-anak-asal-surabaya-dijebloskan-ke-bui(diakses pada 30 juni 2022)
Helmi Supriyatno. 2018. Polda Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Plagiat Desain Produk Kosmetik https://www.harianbhirawa.co.id/polda-tetapkan-tersangka-kasus-dugaan-plagiat-desain-produk-kosmetik/ (diakses pada 30 Juni 2022 )
Laruan.2022. Harga Sepatu Air Jordan Ori dan KW serta ciri-cirinya https://www.kreditpintar.com/education/harga-sepatu-jordan-ori (diakses pada 16 Agustus 2022 )
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)
Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri
Video wawancara Rio Purba dengan Bapak Ahmad Rifadi pada tahun 2018 dengan video yang berjudul Bicarain Hak Cipta Karya Desain ft Bp Rifadi DJKI https://www.youtube.com/watch?v=qIsxKLBYIHI (diakses pada 16 Agustus 2022 pukul 13.34)
Wawancara dengan Bapak Adhi Nugraha , Anggota Aliansi Desain Produk Industri Indonesia (ADPII) pada hari Rabu , 14 september 2022 via zoom pukul 20.00.