PEER REVIEW

Sistem pengelolaan UNES Law Riview secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut, kontributor jurnal menyerahkan artikel beserta dengan surat pernyataan orisinalitas artikel. Selanjutnya artikel yang diterima oleh redaksi, pertama kali akan dilakukan review teknis oleh managing editor. Tahap berikutnya akan dilakukan double blind review oleh dua mitra bebestari. Mitra bebestari internal merupakan dosen di lingkungan Universitas Ekasakti sesuai dengan bidang keilmuan terkait. Mitra bebestari eksternal, berasal dari Fakultas Hukum berbagai universitas di Indonesia. Review oleh mitra bebestari merupakan review secara substantif, sementara review format penulisan dilakukan oleh editor.    

Dalam mereview artikel, mitra bebestari mengacu pada panduan penilaian yang telah dipersiapkan oleh redaksi. Format penilaian tersebut meliputi orisinalitas ide atau gagasan yang diajukan, ketepatan teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan, termasuk juga sistematika penulisan artikel yang baik dan jelas. Elemen-elemen penilaian ini menjadi panduan mitra bebestari untuk memutuskan apakah artikel layak untuk dimuat, dimuat dengan perbaikan atau ditolak sama sekali. Setelah artikel melalui proses review oleh mitra bebestari, penulis diberi kesempatan untuk memperbaiki artikel sesuai dengan saran dari mitra bebestari. Selanjutnya akan dilakukan proof read secara kebahasaan.    

Artikel yang telah melalui semua proses diatas akan masuk ke sidang dewan redaksi untuk diputuskan status dan waktu penerbitannya. Proses berlanjut ke final editing dan desain layout untuk mencetak dummy. Pada dummy akan dilakukan final check, sebagai langkah terakhir sebelum dilakukan penerbitan.